Jumat, 20 Oktober 2017

Kenangan NOFX Konser di Jakarta dan Awal Bertemunya Dengan SID

NOFX band punk rock yang berasal dari daerah San Fransisco, California ini dibentuk pada tahun 1983. Ketika itu Eric Melvin sang gitaris bersama Fat Mike bas/vocal memulai band ini dengan nama NO-FX. Setelah drumer Eric Sandin bergabung tidak lama kemudian barulah nama band ini berubah menjadi NOFX sampai sekarang. Bergabung nya El Hefe sebagai lead gitar dan trumpet pada tahun 1991 semakin membuat nama band yang bergerak di jalur indie ini semakin berkibar.

Pada tanggal 21 April 2007, band ini sempat mampir ke Jakarta untuk menggelar konser,
konser NOFX kali ini digawangi oleh EO kecil, yaitu M2 production (kalo ga salah??). Sehingga wajar kalo promosinya minim sekali. Mereka hanya mengandalkan penyebaran poster, email, dan promosi dari mulut ke mulut. Di luar berbagai kekurangan yang terjadi karena diadakan oleh EO kecil, ada berkah yang didapat, yaitu tiket yang cukup murah, Rp80.000 saja.

Pada hari H, mulai terlihat kekurang-organisasian pengorganisir acara. Di jadwal tercantum bahwa pintu PRJ akan dibuka pukul 5 sore. Pada kenyataannya, jam segitu pintu gerbang masih tertutup rapat, Pintu gerbang depan baru dibuka pukul 19.00, setelah itu “NOFXers” harus mengantri di pintu kedua untuk pemeriksaan tiket. Panitia cuma menyediakan dua lajur, memakai jasa segelintir polisi yang memeriksa tiket.
Setelah ngantri sekitar sejam, dan berharap langsung bisa ajojing, ternyata massa diberhentikan lagi untuk mengantri masuk di pintu ketiga. Kali ini ini cuma satu pintu yang dibuka. sekitar jam 21.30, para personil NOFX naik panggung disambut oleh gegap gempita para penonton yang udah menanti dari sore hari.

Dimulai dengan sapaan "Assalamualikum" dari El Hefe Lalu meluncurlah lagu Dinosaurs Will Die yang menghentak membuat seluruh penonton yang memadati arena pertunjukan bergoyang dan bermoshing ria selama kurang lebih 2 jam. Seluruh lagu-lagu terbaik yang mereka punya ditumpahkan saat itu, Konser berakhir hampir tengah malam. Sebelum meninggalkan panggung, NOFX menyebar pick gitar,stick drum dan tak lupa berfoto dengan penonton di baris depan.

Tetapi ada kesan yang tidak enak dari konser mereka, karena ternyata panitia penyelenggara tidak bertanggung jawab dan membawa kabur uang yang di dapat dari hasil penjualaan tiket dan meninggalkan mereka di hotel tanpa ada uang kompensasi sesuai dengan perjanjian. Jadilah mereka mendanai sendiri konser mereka di Jakarta mulai dari transportasi, akomodasi dll. Ditengah kesulitan itu mereka mendapatkan bantuan dari band asal Bali Superman Is Dead yang merupakan fans mereka untuk menggelar konser susulan di Bali untuk mencari dana. SID memang menjadikan NOFX sebagai band panutan dan sebelum mencuat dengan lagu-lagu mereka SID selalu membawakan lagu NOFX ketika menggelar konser.

Sebagai balasan dari kebaikan yang di berikan oleh SID, mereka merekomendasikan SID untuk bisa mengikuti Van's Warped Tour 2009 di beberapa kota di Amerika, jadilah akhir nya SID bisa menembus Amerika sebagai pengisi acara di konser tour itu bersama NOFX, Anti Flag dan band-band punk papan atas dari Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perjalanan Panjang Karir Musik Abror Outsider, Musisi Gagal Yang Menjadi Pioneer Band Punk Rock Di Petanahan

Abror Subhi yang dikenal sebagai pendiri band Punk Rock pertama di Petanahan dan berposisi sebagai Drummer, rupanya awal bermusiknya dulu d...